1.3.13

Atlet softball jatim melakukan firewalk untuk membentuk rasa PD

Atlet Sofboll Jatim Jalan di Atas Api

Demi mencapai sukses di Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 9 September hingga 21 September mendatang, 17 atlet dan pelatih Softball Jawa Timur menjalankan Firewalk atau berjalan di atas api sepanjang tiga meter.
Manajer tim Softball Jatim, Bambang Suharnoko mengatakan, training ini dilakukan untuk membekali atlet untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan menumbuhkan semangat saat bertanding nanti.
“Firewalk ini ini tidak ada kaitannya dengan soal teknik bermain. Tetapi ini diperlukan untuk memberikan motivasi, semangat, menumbuhkan kepercayaan diri  dan menghilangkan rasa grogi dan takut pada diri mereka,” katanya.
Tak sedikit para atlet ketika latihan performennya sangat bagus tetapi ketika tampil sangat buruk akibat adanya perasaan takut atau grogi saat menghadapi lawan.
“Inilah yang harus ditakhlukkan. Mungkin dengan cara ini mereka bisa mengatasi persoalan tersebut,” tambahnya.
Firewalk ini di Indonesia mungkin boleh dibilang masih baru, tetapi di negara Eropa atau Amerika biasa dilakukan, seperti perenang Amerika Serikat Michael Phelps atau pebasket kondang Michael Jordan. Untuk memerangi rasa takut Ia selalu menggunakan metode ini sebelum bertanding sehingga muncul kepercayaan diri atau semangat yang tinggi.
Berjalan di atas api dilaksanakan Sabtu (25/8) malam di lapangan Softball Darmawangsa Surabaya, dan acara tersebut dipandu oleh Master Energi Internasional dari NLP yaitu Markus Tan.
Firewalk dilakukan secara bergantian. Aditya (kapten tim) yang mendapat giliran pertama berjalan di atas api mengaku tidak merasakan panas sama sekali. Bahkan usai melakukan ia merasa lebih yakin dan lebih percaya diri.
”Saya benar-benar merasakan lebih percaya diri dan saya yakin tim kita nanti bisa juara,” kata Adit, sapaan akrabnya.

2 komentar:

  1. gan, ini sejenis seleksi/ tim?
    kalo cara daftar tim softball di surabaya gmn ya? sekalian tempatnya juga
    saya umur 13
    makasih ;)

    BalasHapus
  2. lagi cari klub baseball buat ngisi waktu luang. tapi belum tau apa apa ttg ini. info dong

    BalasHapus